Pages

Senin, 07 November 2011

TIDUR ALA RASUL

diantara keutamaan islam adalah bersifat universal.islam memberikan tuntunan pada pemeluknya di beragam bidang. dari bangun tidur sampai tidur lagi. ada beberapa hal yang perlu kita praktikkan berkenaan dengan tata cara tidur seperti dicontohkan rasulullah saw.


1. muhasabah sesaat sebelum tidur. sangat dianjurkan sekali bagi setiap muslim bermuhasabah (berintropeksi diri) sesaat sebelum tidur, mengevaluasi segala perbuatan yang telah ia lakukan di siang hari. lalu jika ia dapatkan perbuatan baik maka hendaknya memuji kepada allah swt dan jika sebaliknya maka hendaknya memohon ampunan-Nya, kembali dan bertaubat kepada-Nya.
2. tidur lebih dini, berdasarkan hadits yang bersumber dari aisyah bahwasanya rasulullah tidur pada awal malam dan bangun di penghujung malam, lalu beliau melakukan shalat ( muttafaq alaih)
3. disunnahkan berwudhu sebelum tidur, dan berbaring miring ke sebelah kanan. al-bara bin azib menuturkan, rasulullah saw bersabda, '' apabila kamu akan tidur, maka berwudhulah sebagaimana wudhu untuk shalat"
4. disunnahkan juga mengibaskan seprei tiga kali sebelum berbaring, berdasarkan hadits abu hurairah bahwasanya rasulullah saw bersabda "apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya... di dalam suatu riwayat dikatakan: tiga kali  (muttafaq alaih)
5. makruh tidur tengkurap. abu dzar menuturkan, nabi saw pernah lewat melintasi aku, di kala itu aku sedang berbaring tengkurap. maka nabi membangunkanku dengan kakinya sambil bersabda, " wahai junaidab ( panggilang abu dzar), sesungguhnya berbaring seperti itu ( tengkurap ) adalah cara berbaringnya penghuni neraka  ( HR ibnu majah dan dinilai shahih oleh al-bani)
6. makruh tidur diatas tempat terbuka, karena di dalam hadist yang bersumber dari 'ali bin syaiban disebutkan bahwasanya nabi saw telah bersabda, " barangsiapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya" HR al-bukhari)
7. menutup pintu, jendela dan memadamkan api atau lamu sebelum tidur. dari jabir di riwayatkan bahwa rasulullah saw telah bersabda "padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidu, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman, " (muttafaq alaih)
8. membaca ayat kursi, dua ayat terakhir dari surah al-baqarah, al-ikhlas dan al-mu'awwidzatain ( al-falaq dan an-nas), karena banyak hadits-hadits shahih yang menganjurkan hal tersebut.
9. membaca doa-doa dan dzikir yang keterangan shahih dari rasulullah saq, seperti: ya allah, peliharalah aku dari adzab-Mu pada hari engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. dibaca tiga kali. ( HR abu dawud dan dihasankan oleh al-bani) . jika bangun tidur membaca ''alhamdulilahilladzi ahyaana ba'dama amaatana wailaihin nusyur ( segala puji bagi allah yang telah menghidupkan kami setelah kami di matikan-Nya, dan kepada-Nya lah kami dikembalikan,'' (HR Al-bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar