Pages

Minggu, 01 Januari 2012

PEMIMPIN DUNIA YANG PERNAH DILEMPARI SEPATU

dilempari sepatu merupakan penghinaan terbesar bagi kita, tapi apa jadinya ya jika yang dilempari sepatui itu pemimpin besar di dunia ini.? 
berikut ini beberapa presiden yang pernah merasakan hal tersebut: 
- Mantan Presiden Amerika Serikat George W. Bush
Seorang jurnalis Irak, Muntazer al-Zaidi melempar sepatu ke Bush saat konferensi pers di Baghdad, Irak pada tahun 2008 lalu. “Ini ciuman selamat tinggal dari rakyat Irak, anjing!” seru al-Zaidi saat itu sembari melemparkan satu persatu sepatunya.
Lemparan sepatu itu tidak mengenai Bush yang dengan cepat, berkelit untuk menghindarinya. Al-Zaidi pun sempat mendekam di penjara selama 9 bulan sebelum kemudian dibebaskan.
Sejak aksi yang banyak diberitakan media global itu, para pemimpin negara lainnya juga mengalami insiden serupa seperti di antaranya:
- Presiden Pakistan Asif Ali Zardari
Kejadian yang sama dialami pemimpin Pakistan itu saat sedang berpidato dalam sebuah acara politik di Birmingham, Inggris pada Agustus 2010 lalu. Seorang pria tua melemparkan dua sepatunya ke arah Zardari. Namun sepatu-sepatu itu tidak mengenai Zardari melainkan jatuh di dekat Zardari.
- Presiden Sudan Omar al-Bashir
Seorang pria Sudan melempar sepatu ke arah Omar saat menghadiri sebuah konferensi di Khartoum, ibukota Sudan pada Januari 2010 lalu. Lemparan sepatu itu pun meleset. Namun si pelaku ditangkap polisi. Tidak jelas apa motif pelemparan sepatu itu.
- PM Turki Recep Tayyip Erdogan
Pemimpin Turki itu dilempari sepatu oleh seorang pria di Seville, Spanyol pada Februari 2010 lalu saat akan masuk ke mobilnya. Namun aksi pria berumur 20 tahun itu juga meleset. Sepatunya mengenai salah seorang pengawal pribadi Erdogan. Pelaku kemudian ditahan dan diketahui bahwa saat itu dia sedang mabuk berat.
- Perdana Menteri (PM) China Wen Jiabao
Pemimpin China itu menjadi target pelemparan sepatu saat dirinya berpidato mengenai perekonomian global di Inggris pada Februari 2009 lalu. Sepatu yang dilemparkan seorang demonstran itu tidak mengenai Wen. Sepatu itu mendarat tak jauh darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar