Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

SISTEM EKSKRESI PADA HEWAN

* CACING TANAH
terdiri dari sepasang metanefridia yang terdapat pada setiap ruas tubuhnya. metanefridia mempunya lubang masuk yang ujungnya dikelilingi oleh nefrostom. metanefridia menampung cairan limbah dari rongga tubuh pada segmen depannya.
* SERANGGA
alat ekskresi pada serangga dinamakan tubulus malpighi (buluh malpighi) yang berfungsi sebagai ginjal. serangga juga memiliki sistem trakea yang berfungsi sebagai paru-paru dan mengeluarkan zat sisa. buluh malpighi terletak diantara usus tengah dan usus belakang.
* IKAN
ikan memiliki sepasang ginjal mesonefor. saluran ginjal dan saluran kelaminnya bersatu dan bermuara di koklea. zat ekskresi berupa amonia.
*KATAK
katak memiliki sepasang ginjal mesonefros. pada katak jantan, saluran ginjal dan saluran kelaminnya bersatu. sedangkan pada betina terpisah. kantong kemih bermuara di koklea. zat ekskresi pada larva berupa amonia, pada berudu dan dewasa berupa urea.
* BURUNG
burung memiliki alat ekskresi berupa sepasang ginjal metanefros perut dan kulit. zat sisa dari ginjal dialirkan ke ureter yang bermuara langsung ke koklea zat ekskresi berupa asam urat  dan garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar