Pages

Sabtu, 09 Maret 2013

HARLEM SHAKE MENURUT PANDANGAN ISLAM

harlem shake, tarian begitu fenomenal akhir akhir ini. tarian  yang gerakan nya bebas ini menjadi tending topik dunia mengalahkan ketenaran gangnam style. gerakan yang tak beraturan dan mudah dilakukan terkesan konyol ini memang sangat mengguncang dunia. tapi tahukah anda sejarah dan makna terpendam dari tarian harlem shake ini ? berikut penjelasannya.
Sejarah Harlem Shake
Harlem Shake , awalnya disebut albee di Harlem, adalah tarian yang dimulai pada tahun 1981. Tarian menjadi mainstream pada tahun 2001 ketika G. Dep menampilkan Harlem Shake dalam video musiknya “Let’s Get It”. Ini memiliki sejarah dari Northeast African dance yang disebut "Eskista" dan diduga dimulai di Harlem oleh seorang pria bernama Al B.
Harlem Shake adalah tarian yang awalnya dimulai di Harlem, New York. Sejak awal telah menyebar ke daerah perkotaan lainnya dan menjadi populer di video musik. Para penyiar di Classic Basketball Entertainer ini di klaim Rucker Park bahwa Modern Harlem Shake dimulai oleh seorang pria dengan nama "Al B" (julukan Sisqo atau Cisco). Al B adalah seorang pemabukah  yang akan melakukan tarian atas permintaan. Karena pendirinya, tarian ini awalnya disebut "albee" di Rucker dan Harlem, tetapi kemudian dikenal sebagai Harlem Shake .
Al B dikutip mengatakan bahwa tarian adalah "goyang orang yang sedang mabuk, ini merupakan goyang yang mabuk beralkohol, tapi itu fantastis, semua orang menghargai hal itu." Dia mengatakan itu berasal dari Mesir Kuno dan menggambarkannya sebagai apa mumi yang digunakan untuk melakukan. Karena mereka semua dibungkus mereka tidak bisa benar-benar bergerak, semua yang mereka bisa lakukan adalah goyang. Harlem Goyang didasarkan pada tarian Ethiopia disebut Eskista.
Al B menyatakan bahwa ia telah melakukan Harlem Shake sejak tahun 1981. Tarian pertama kali tertangkap pada Entertainer Bola Basket Classic atau EBC dan menyebar dari sana ke daerah lain.
Pada bulan Februari 2013, Harlem goyang menjadi populer di kalangan video YouTube.
 Harlem Shake Menurut pandangan islam
sudahkah anda melihat tarian harlem ? bila belum bisa anda lihat dibawah ini.
  dari video atau tayangan di atas bisa kita lihat bahwa sering kali gerakan erotis dilakukan dalam tarian tersbut.. lantas bisa dipastikan bahwa dalam tarian ini ada sebuah konsep al-ghazwul fikri (perang pemikiran) yang patut dicermati yaitu rangsangan akan seksualitas dan aurat . ini yang berbahaya untuk para remaja muslim ! jelas ini adalah  yang dilarang

Hukum islam menanggapi Harlem shake
  memang benar apa yang di ungkapkan rasulullah dalam hadistnya,
Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda: “Kalian sungguh-sungguh akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sampai seandainya mereka masuk ke lubang biawak pun, niscaya kalian akan masuk pula ke dalamnya.” Kami tanyakan: “Wahai Rasulullah, apakah mereka yang dimaksud itu adalah Yahudi dan Nasrani?” Beliau berkata: “Siapa lagi kalau bukan mereka?” (HR. Bukhari).
kini kita berada dalam massa itu.

boleh di bilang orang yang mengikuti tarian ini termasuk orang kafir. kenapa seperti itu?
عن ابن عمر – رضي الله عنهما – قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وعلى آله وسلم-: من تشبه بقوم فهو منهم أخرجه أبو داود وصححه ابن حبان.
“Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa ‘ala aalihi wasallam bersabda:”Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum tersebut”(HR. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban)
So, masih pantaskah kita melihat dan meniru gerakan tersebut? silahkan anda nilai sendiri.

  “Akan datang kepada manusia suatu zaman di mana orang yang mukim waktu itu lebih hina daripada dombanya,” (HR. Ibnu Asakir dari Anas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar