Pages

Selasa, 27 Agustus 2013

TUGAS I : SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

sebenernya ane nge posting tentang ini hanya karena tugas dari dosen aja. tapi ga ada salahnya untuk nge-share ilmu. kebetulan juga ane udah lama banget ga posting. hehe
oke, postingan kali ini akan ngebahas tentang sejarah perkembangan komputer.
 sebelum ngebahas perkembangan komputer, ga afdol rasanya kalau kita ga kenalan dulu sama penemunya..

  dia adalah charles babbage. lahir pada tanggal 26 Desember 1792. sebenernya sih, om charles bukan pencipta komputer. akan tetapi ia adalah penemu konsep inti dari terciptanya konputer. om charles babbage ini adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram.  Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun.







Komputer generasi pertama (1940 - 1950)
 terjadi saat perang dunia kedua, intinya sih karena kedua belah pihak yang sedang perang dingin ingin memamerkan kekuatan pada bidang teknologi. akhirnya komputer jadi salah satu barang pamer kecanggihan teknologi salah satu pihak
begitu ane ngeliat gambar komputer generasi pertama ribeett bgt bro.. hahaaha
kalo ga percaya liat nih buktinya di bawah

komputer ini di pertama kali digunakan, dengan tabung vakum bentuk dari komputer generasi pertama ini besar dan sangat kompleks. singkat cerita RIBEETT ! :D



komputer generasi kedua (1955 - 1960)
Generasi kedua komputer muncul berkat penemuan transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Komputer transistor dikonsumsi daya jauh lebih sedikit, menghasilkan lebih sedikit panas, dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama, meskipun masih besar dengan standar saat ini.



Komputer Generasi Ketiga (1960-1971)


 di generasi ketiga, penggunaan transistor sudah digantikan oleh Integrated Circuit (IC) yang mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. pada generasi ini, ada kemajuan.. ! yaitu penggunaan operating sistem (sistem operasi). dengan demikian, kita dapat menggunakan berbagai program yang berbeda secara serentak lho..

Komputer generasi keempat (1971- sekarang)

komputer generasi keempat mulai menggunakan chip.Pada masa ini IBM mulai memperkenalkan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor dan sekolah. yaa. kalau sekarang masih ada pentium I, pentium II, pentium III, pentium IV. maka itu adalah bagian dari komputer generasi keempat.

pass ane searching sembari nanya mbah google, masih ada komputer generasi kelima, dan generasi keenam.  tapi ane ga bisa posting, karena generasi kelima itu masih dalam percobaan. dan generasi keenam itu prediksi jago IT. intinya, masih goib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar